Senin, 14 Januari 2013

Semangat Hidup

Dalam kehidupan sehari-hari adakalnya semangat kita naik turun. Dalam kondisi tertentu kita berada dalam sebuah keadaan dimana semangat kita sedang berkobar dengan sangat hebatnya. Semangat yang dirasa begitu menggebu-gebu seakaan akan tidak akan ada yang bisa menghentikan setiap langkah-langkah kita. Namun pada kondisi tertentu adakalanya semangat itu turun bahkan menuju titik yang paling rendah. Semangat yang dahulu membara kini mendadak padam. Pernahkah anda merasakan kondisi seperti itu? Saya yakin semua orang pernah mengalaminya sekalipun itu para motivatior.

Peran seorang motivator sangatlah besar bagi kehidupan ini. Pengaruhnya memberikan sebuah kekuatan yang begitu luar biasa kepada seseorang. Tetapi apakah kita akan selalu bergantung padanya? Bukankah kocek rupiah yang kita keluarkan juga tidak sedikit untuk sekedar mendengar pesan-pesan para motivator dalam seminar-seminarnya. Lagipula seorang motivator juga tidak akan selalu berada di samping kita, untuk itu kita harus menjadikan diri sendiri sebagai seorang motivator yang selalu memberikan semangat hidup untuk selalu action dalam meraih impian kita. Kita harus bisa memelihara semangat hidup ini supaya selalu survive. Di bawah ini adalah cara untuk memelihara semangat hidup agar selalu survive dalam kondisi dan situasi apapun :

1. Selalu visualisasikan mimpi.
Mimpi adalah salah satu yang mengerakan setiap langkah kita. Mimpi itu adalah tujuan kita di masa yang akan datang. Tanpa sebuah mimpi setiap langkah kita bagaikan sebuah air yang mengalir menyusuri kemana saja aliran akan membawanya. Tak ada arah yang jelas. Untuk itulah dalam kondisi apapun kita harus bisa selalu ingat mimpi-mimpi kita. Kita harus memvisualisasikan mimpi-mimpi itu. Bayangkan seakan-akan mimpi itu menjadi nyata, betapa bahagianya anda, betapa bahagianya orang-orang disekitar anda. Kalau perlu buatlah kata yang bertuliskan mimpi-mimpi anda yang bisa anda baca kapan pun dan dimana pun. Anda bisa menuliskannya di kamar, handphone, komputer, atau pun buku catatan anda. Tujuannya adalah agar kita selalu ingat dan supaya setiap langkah kita akan selalu tertuju padanya.

2. Lakukan kegiatan positif yang berhubungan dengan impian anda.
Agar mimpi itu selalu hidup lakukanlah kegiatan-kegiatan positif yang berhubungan dengan impian anda. Jika anda ingin menjadi seorang motivator, lakukan lah kegiatan-kegiatan kecil seperti membimbing anak-anak SD atau SMP dengan mengadakan sebuah kegiatan. Jika anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha belajarlah untuk berdagang terlebih dahulu. Dengan anda melakukan kegiatan-kegiatan positif maka secara tidak langsung akan menuntun dan membuat anda selalu bersemangat mengejar impian.

3. Buatlah target-target hidup jangka pendek.
Untuk menjaga agar semangat anda selalu survive maka anda harus membuat target-target jangka pendek. Misalnya, target yang harus di capai minggu ini dan bulan ini. Harus ada yang harus dicapai sehingga tidak waktu anda tidak hanya terbuang percuma dengan hanya berleha-leha saja. Sudah saya posting dalam artikel sebelumnya yang berjudul Rencanakan Suksesmu.

4. Jangan mudah menyerah, jadikanlah rintangan sebagai sebuah tantangan.
Salah satu penyebab paling umum dari hilangnya semangat hidup adalah ketika kita menemukan suatu rintangan. Rintangan itu membuat semangat kita terkikis dan makin terkikis sampai kemudian akan habis jika kita tidak bisa mengendalikannya. Justru disitulah kuncinya. Di luar sana banyak orang yang ingin sukses, namun sangat sedikit sekali orang yang rela dan mau perih dan getirnya dalam bekerja keras. Setiap orang yang sudah sukses pasti setuju bahwa sukses itu adalah hasil kerja keras. Ada juga yang bilang sukses itu sebuah pilihan artinya kalau kita memilih sebuah kesuksesan maka kita harus mau mengalami susah dan sakit dalam perjalanannya. Harus mau bekerja keras! Istilah barat bilang, "No Pain No Gain" (Tanpa sebuah kesakitan takan ada yang anda dapatkan).

5. Berdoa.
Tetaplah semangat, anda adalah makhluk pilihan Tuhan. Tahukah anda? Tuhan akan marah kalau anda gagal. Kurang lebihnya Tuhan akan bilang begini, "Hey kamu lihatlah modal yang sudah Saya berikan, tubuh yang sempurna dan juga akal. Kenapa kamu menyia-nyiakan pemberianKu ini". Hehe. Ingatlah Dia akan selalu memberikan support dari belakang dengan catatan kita juga ingat kepadaNya. Bagaimana mungkin Dia kan membantu kita kalau kita sendiri tidak dekat denganNya. Disamping berusaha jangan lupa berdoa, karena kita hanya bisa berusaha namun Tuhanlah yang menentukan

Semangat selalu...

source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar